Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Fosfor Pada Tanaman (Secara Umum)

Diposting pada

Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Fosfor Pada Tanaman – Sebagai salah satu unsur makro bagi tanaman, kedudukan fosfor sangatlah penting. Tanaman pada umumnya mengandung forsfor 0,2 sampai 0,5% dari berat kering tubuhnya.

Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Fosfor Pada Tanaman (Secara Umum)
Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Fosfor Pada Tanaman (Secara Umum)

Fosfor sangat dibutuhkan dalam dalam persemaian untuk merangsang pembentukan jaringan akar. Untuk itulah unsur hara ini diberikan dalam kadar yang cukup tinggi agar dapat menghasilkan anak semai dengan perakaran yang baik.

Dengan anak semai yang perakaranya bagus makan daya serap hara dari akar tanaman meningkat dan tanaman dapat tumbuh lebih cepat.

Hal ini tentu dapat mempengaruhi pembentukan buah dan bunga. Bahkan kebutuhan unsur hara fosfor meningkat seiring tanaman siap berbunga dan berbuah. Maka dari itu di saat tanaman pada fase ini maka pemberian pupuk fosfor seperti MKP, DAP, MAP, TSP, atau SP 36 pada tanaman sebaiknya ditingkatkan.

Unsur fosfor juga berperan dalam proses transfer energi dalam tubuh tanaman berupa bentuk molekul ATP atau Adenosine Triphospate.

Jika tanaman kekurangan unsur ini, otomatis pertumbuhan tanaman dapat terhambat. Hal ini memang tidak semata kekerurang fosfor yang membuat pertumbuhan tanaman terhambat, untuk itu perlu adanya pengecekan mendalam untuk memastikan bahwa kekurangan unsur fosforlah yang membuat tanaman terhambat pertumbuhanya.

Fungsi Fosfor Untuk Tanaman

Fungsi fosfor adalah untuk mempercepat pembelahan sel, pembentukan bunga, pembentukan albuminbuah dan biji. Selain itu fosfor juga berfungsi untuk:

  1. Memperkuat batang, mempercepat pematangan buah, perkembangan akar, memperbaiki kualitas tanaman, metabolisme karbohidrat, membentuk nucleoprotein dan menyimpan serta memindahkan energi seperti ATP.
  2. Untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.
  3. Mempercepat pertumbuhan akar semai pada awal pertumbuhan tanaman.
  4. Memperkuat batang
  5. Mempercepat proses pembungaan dan pemasakan buah.
  6. Meningkatkan produksi buah, daun dan biji-bijian.

Kelebihan Unsur Hara Fosfor

Kelebihan maupun kekurangan unsur hara fosfor dapat berdampak buruk pada tanaman. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rangkuman jika tanaman kelebihan unsur fosfor :

  1. Tanaman dapat berbuah namun buahnya cenderung tumbuh kerdil. Selain itu buah tanaman akan mudah masak sebelum ia tumbuh maksimal. Tanda ini juga dapat kita temui jika tanaman kekurangan unsur fosfor.
  2. Warna daun pada tanaman akan berubah menjadi ungu atau coklat. Gejala ini dapat dilihat mulai dari ujung-ujung daun dan terus menyebar.
  3. Penyerapan unsur hara yang lain akan terganggu. Hal inilah yang menyebabkan tanaman ketika kelebihan unsur fosfor terdapat tanda-tanda seperti kekuarangan suatu unsur hara makro lain. Misalnya kekurangan unsur hara Nitrogen yang menyebabkan tanaman bertumbuh kerdil, warna daun berubah, buah kecil-kecil dan bahkan tanaman dapat mati.
  4. Gejala tanaman kelebihan unsur hara fosfor tidak dapat kita ketahui hanya dengan melihat tanda-tanda kerusakan pada tanaman, karena gejalanya yang hampir mirip dengan kekurangan dan kelebian unsur hara makro lain. Hal yang mungkin dapat dilakukan salah satunya adalah dengan memeriksa PH tanah.

Kekurangan Unsur Hara Fosfor

Sedangkan gejala yang ditimbulkan tanaman jika tanaman kekurangan unsur hara fosfor adalah sebagai berikut.

  1. Daun tua yang berubah warna menjadi hijau gelap atau kelabu dan disertai dengan munculnya pigmen ungu pada jenis tanaman tertentu.
  2. Daun juga dapat terdapat pigmen merah pada daun bagian bawah dan pada tepi daun, cabang dan batang terdapat warna merah ungu yang lambat laun berubah kuning.
  3. Pertumbuhan akar terganggu yang sekaligus juga menghambat pertumbuhan tanaman.
  4. Tulang daun muda berwarna hijau gelap disertai warna daun yang mengkilap pada jenis daun tertentu.
  5. Pada fase kekurangan yang kritis dapat menyebabkan tanaman mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *